-->

Mendagri Siapkan Instruksi soal Kerumunan, Ancam Kepala Daerah Bisa Diberhentikan

- November 18, 2020

tito karnavian

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan akan menerbitkan instruksi tentang penegakan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Keputusan itu terkait terjadinya sejumlah kerumunan besar yang seakan tidak bisa ditangani.

Instruksi tersebut, kata Tito, menindaklanjuti pernyataan Presiden Jokowi pada Senin (16/11/2020) lalu untuk menegaskan konsistensi kepatuhan Covid-19 dan mengutamakan keselamatan rakyat.

"Berkaitan dengan beberapa daerah yang terjadi kerumunan besar akhir-akhir ini, dan seolah tidak mampu menanganinya maka hari ini saya keluarkan instruksi Mendagri tentang penegakan protokol kesehatan," kata Tito dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat, Rabu (18/11/2020).

Tito mengingatkan pandemi Covid-19 merupakan bencana global dan nasional. Pemerintah sudah bekerja selama delapan bulan untuk mengatasinya, di antaranya dengan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Karenanya Tito mewanti-wanti gubernur, wali kota, dan bupati untuk menjadi teladan dalam menegakkan protokol kesehatan. Termasuk tidak ikut dalam kerumunan.

Baca juga: Jawaban Timses Gibran Saat Langgar Protokol Kesehatan: Kader Kita Banyak, Sulit Kalau Diketati

Kepala Daerah, kata Tito, harus bisa mencegah terjadinya kerumunan besar. Di antaranya dapat dilakukan secara humanis dengan cara membubarkan kerumunan secara tegas dan terukur.

"Saya sampaikan kepada gubernur, bupati, dan wali kota untuk mengindahkan instruksi ini, karena ada risiko menurut UU kalau UU dilanggar dapat dilakukan pemberhentian," tandas Tito seperti dikutip Tempo. []

 

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search